kartikanews.com — Kartu Keluarga (“KK”) adalah kartu identitas keluarga yang memuat data tentang nama, susunan dan hubungan dalam keluarga, serta identitas anggota keluarga.

KK memuat keterangan mengenai kolom nomor KK, nama lengkap kepala keluarga dan anggota keluarga, NIK, jenis kelamin, alamat, tempat lahir, tanggal lahir, agama, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, status hubungan dalam keluarga, kewarganegaraan, dokumen imigrasi, nama orang tua.

Orang tua tidak boleh mencoret nama anaknya dari KK karena anak berhak atas identitas. Setiap anak berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan.  

Di samping itu, segala perubahan dalam KK tidak bisa dilakukan sendiri oleh orang tua dengan mencoret nama anaknya. Hal ini karena segala perubahan dalam susunan keluarga dilaporkan kepada instansi pelaksana untuk diterbitkan KK baru.

Tidak hanya itu, perubahan KK dapat dilakukan jika memang terjadi peristiwa kependudukan. Peristiwa Kependudukan adalah kejadian yang dialami Penduduk yang harus dilaporkan karena membawa akibat terhadap penerbitan atau perubahan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk dan/atau surat keterangan kependudukan lainnya meliputi pindah datang, perubahan alamat, serta status tinggal terbatas menjadi tinggal tetap.

Yang dimaksud dengan “perubahan susunan keluarga dalam KK” adalah perubahan yang diakibatkan adanya Peristiwa Kependudukan atau Peristiwa Penting seperti pindah datang, kelahiran, atau kematian.

Peristiwa Penting adalah kejadian yang dialami oleh seseorang meliputi kelahiran, kematian, lahir mati, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan.

Sehingga tidak ada peristiwa penting yang dapat dicatatkan oleh pejabat pencatatan sipil pada instansi pelaksana. Dengan kata lain, tidak ada alasan yang dapat dijadikan dasar bagi orang tua untuk mencoret nama anaknya pada kartu keluarga.

sumber: hukumonline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 1 = 8